Jumat, 23 Juni 2017

PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN YANG DIBUTUHKAN OLEH PEMIMPIN KURIKULUM

Menurut Oliva dalam kepemimpinan dan pengembangan kurikulum ada empat faktor yang sangat berpengaruh, yaitu:

1. The Change Process (Proses Perubahan)
Seorang pemimpin harus mengetahui apa yang dapat membawa perubahan dan dapat menerapkannya dalam kelompok. Ia harus dapat mengambil keputusan secara efektif. Lembaga-lembaga perlu berubah jika ingin berkembang.

Pengembangan kurikulum adalah upaya terencana dari kelompok sepatutnya terorganisir (atau kelompok) yang berusaha untuk membuat keputusan cerdas untuk mempengaruhi perencanakan perubahan kurikulum. Perubahan terencana, jauh berbeda dari trial and error atau evolusi alami, melainkan sebuah proses yang sistematis yang harus diikuti oleh seluruh peserta.

Menurut Warren G. Bennis fungsi dari proses perubahan meliputi :
  • meningkatkan kompetensi pribadi pemimpin 
  • mempengaruhi perubahan dalam nilai-nilai sehingga faktor manusia dan perasaan -datang untuk dianggap sah. 
  • Meningkatkan saling pengertian di antara anggota kelompok kerja untuk -mengurangi ketegangan 
  • Mengembangkan manajemen tim 
  • Mengatasi konflik bukan menekannya 
  • Menumbuhkan kebersamaan, rasa saling percaya, saling membutuhkan dan -membagi tanggung jawab bersama.

2. Interpersonal Relations (Hubungan antar perseorangan) 
Pemimpin harus memiliki pengetahuan tentang dinamika kelompok serta mampu membangun iklim kerja yang harmonis. Kelompok akan bersemangat bila:
Interaksi antara anggota kelompok sering terjadi, pada tingkat profesional yang tinggi, ramah, dan harmonis
Konflik pribadi antara anggota kelompok yang jarang atau tidak ada
Kepemimpinan dari dalam kelompok, bersumber dari kekuatan anggota
Perbedaan pendapat yang konstruktif didorong

Kelompok menyadari adanya kemajuan dalam mencapai tujuan dan perlu memperinci tujuan
Kelompok merasa mendapat penghargaan, rasa puas atas keberhasilan

3. Leadership Skills (Ketrampilan Memimpin)
Pemimpin yang terampil harus mampu menghindari dan mengatasi beberapa situasi yang tidak produktif yang berkembang dalam komite kurikulum.

Menurut Ralp B. Kimbrough dan Michael Y. Nunnery terdapat empat gaya kepemimpinan yang dianggap rasional :  
  • Pemimpin cenderung punya intelegensi yang lebih tinggi dari yang lain, punya kemampuan administrasi dan kompetensi teknik dalam menghadapi situasi. 
  • Pemimpin cenderung bersifat dewasa, punya kepercayaan diri, berorientasi pada tujuan, bisa menyelesaikan masalah, dan punya semangat untuk maju.
  •  Pemimpin harus sadar bahwa masyarakat sangat penting dalam mewujudkan prestasi tujuan. Karena itu hendaknya pemimpin harus berkomunikasi dengan masyarakat, bersosialisasi, ramah dan kooperatif.
  •  Adanya sifat-sifat ini tidak menjamin performa pemimpin, begitu juga tanpa sifat-sifat tersebut tidak akan menghalangi performa pemimpin, tetapi sifat-sifat tersebut tentu akan melahirkan performa efektif pemimpin.

4. Communication Skills (Ketrampilan berkomunikasi)
Pemimpin harus mempunyai tingkat ketrampilan komunikasi yang tinggi dan harus mampu menolong anggota kelompoknya dalam meningkatkan kemampuan komunikasinya. Masalah yang dijumpai dalam keterampilan komunikasi :
Kesulitan dalam komunikasi lisan bisa berasal dari situasi-situasi berikut :  
  • Anggota kelompok baik sengaja maupun tidak gagal menciptakan suatu topik pembicaraan. 
  • Anggota kelompok menggunakan bahasa yang tidak tepat dan tidak jelas.
  •  Anggota kelompok memilih materi diskusi yang pernah mereka dengar  
  • Anggota gagal mengekspresikan dirinya sendiri, terutama apabila mereka tidak setuju dengan apa yang dikatakan
  • Anggota gagal mengikuti jalannya diskusi secara teratur  
  • Diskusi ditutup dan kelompok memaksa untuk melakukan voting sebelum waktunya
  • Sesi selesai tanpa keputusan
  • Arus komunikasi utamanya mengalir dari pimpinan ke anggota  
  • Kedengkian, permusuhan dan ketidakharmonisan muncul dalam kelompok

Kesulitan yang akan muncul pada bentuk komunikasi tertulis ketika terjadi situasi seperti berikut :
  • Penulis tidak bisa merasakan dampak dari kata-kata dalam komunikasi tulis 
  • Komunikasi tulis dalam jumlah berlebihan  
  • Penggunaan bahasa yang kurang baik

DAFTAR PUSTAKA

Oliva, Peter F. (1992). The Developing Curriculum. New York : Harper Collins Publisher.

Yager Robert E. (1992). Science Curriculum Resource Handbook.New York : Krus International Publications.


EmoticonEmoticon